Peluang usaha Toko Helm dan perlengkapan bermotor

Sarana transportasi merupakan bagian yang penting ketika seseorang hendak melakukan suatu aktifitas. Jumlah kendaraan yang semakin meningkat tidak diimbangi dengan bertambahnya ruas jalan mengakibatkan kemacetan tidak terelakkan lagi. Hal ini membuat orang menjadikan kendaraan motor roda dua sebagai solusinya. Badan kendaraan yang ramping memudahkan sepeda motor menyelinap diantara kemacetan jalan dan harga yang relatif terjangkau mengakibatkan pemakaina jenis kendaraan ini meningkat tajam.

Dengan adanya kemudahan memiliki kendaraan motor tersebut, sangatlah penting memperhatikan aspek keselamatan. Perlengkapan yang wajib digunakan diantaranya helm yang memenuhi standar, disamping telah diatur dalam undang-undang lalulintas tentang perlengkapan standar untuk berkendaraan di jalan raya oleh kepolisian, helm juga sangat penting bagi keselamatan si pengendara itu sendiri. Hal ini memberikan dapat kita jadikan sebuah peluang usaha untuk membuka bisnis penjualan helm serta perlengkapan kendaraan lainnya. Anda tertarik?

Strategi memulai bisnis helm

Dalam memulai suatu usaha ada hal-hal mendasar yang harus di persiapkan. Dalam bisnis helm ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah :

  • Ada baiknya kita memahami seluk beluk helm, jenis dan fungsi dari setiap spesifikasi helm. Sehingga nantinya kita dapat membantu konsumen menemukan jenis helm yang dibutuhkannya.
  • Cari informasi sebanyak-banyaknya sentra pembuatan ataupun grosir penjual helm atau distributor helm. Jangan malas untuk mengecek beberapa sumber, bandingkan diantara beberapa tempat tersebut mana yang memberikan harga paling murah.
  • Dalam mendirikan sebuah usaha, faktor lokasi sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan dan kemajuan usaha tersebut. Tentukan lokasi usaha yang cocok dan usahakan berada di pinggir jalan. Misalnya saja disekitar area bengkel, show room motor dsb.
  • Display dan ruangan ditata sedemikian rupa sehingga konsumen nyaman dan dengan mudah melihat koleksi produk yang kita tawarkan.
  • Tentukan segmen pasar yang kita tuju, hal ini diperlukan untuk menentukan jenis produk yang kita jual. Jangan lupa perhatikan lingkungan disekitar tempat usaha kita, akan lebih bijak untuk memperhatikan kondisi dan daya beli masyarakatnya, sehingga kita tidak salah dalam menentukan jenis helm yang kita jual.

Hambatan berbisnis penjualan helm

Dalam mendirikan sebuah usaha, kita harus mencermati hal-hal apa saja yang bisa menjadi hambatan kemajuan usaha kita, sehingga kita dapat menyiapkan strategi untuk meminimalisir hambatan tersebut. Kesulitan dalam merintis usaha ini antara lain :

  • Barang-barang yang dijual tidak variatif
  • Jenis usaha ini mudah dijalankan sehingga memungkinkan munculnya pesaing usaha di dekat lokasi usaha kita
  • Daya beli masyarakat yang cenderung turun sehingga lebih memilih helm standar

Tips dan trik usaha

Supaya usaha yang kita jalankan tidak monoton, ada beberapa trik yang bisa kita jalankan sehingga usaha kita dapat berkembang, yakni :

  • Selain helm, kita dapat melengkapi produk yang kita jual dengan pelengkapan penunjang pengendara motor yang lain, seperti kacamata, sarung tangan, masker, jas hujan, serta sepatu khusus pengendara motor.
  • Sekarang sudah muncul berbagai design unik helm-helm produksi lokal. Jenis ini bisa kita masukkan untuk melengkapi barang yang kita jual sehingga konsumen mempunyai banyak pilihan.
  • Usahakan harga barang yang kita jual lebih murah dibandingkan dengan tempat lain, tidak masalah keuntunga yang kita peroleh dari tiap jenis barangnya tidak terlalu besar tetapi kita memiliki banyak pelanggan.
  • Yang tak kalah penting bersikap ramah dan komunikatif terhadap konsumen.

ANALISI USAHA

Modal Awal :

Pelengkapan :

Rak Pajangan / Etalaser Rp. 2.000.000,-

Alas kaca built in (untuk display helm) Rp. 1.000.000,-

Bebagai macam jenis helm (25-30 buah) Rp. 6.000.000,-

Berbagai perlengkapan bermotor Rp. 1.000.000,-

Total Rp. 10.000.000,-

Perlengkapan ini mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1.000.000,-, dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan pertahun = (Rp. 10.000.000 – Rp. 1.000.000) : 4 = Rp. 2.499.750,- pertahun atau Rp. 208.312,- perbulan

Sarana penunjang :

Iklan/promosi Rp. 100.000,-

Papan Nama/Spanduk Rp. 150.000,-

Total Rp. 250.000,-

Perhitungan laba/(rugi) perbulan

Pendapatan

Rp. 100.000,- x 3 helm x 30 Rp. 9.000.000,-

Biaya-biaya :

Sewa tempat + listrik Rp. 750.000,-

Stok koleksi helm Rp. 1.000.000,-

Transportasi Rp. 100.000,-

Biaya perlengkapan Rp. 250.000,-

Biaya penyusutan perlengkapan Rp. 208.312,-

Total biaya Rp. 2.308.312,-

Laba bersih Rp. 6.691.688,-

Tidak terlalu sulit bukan, kapanpun dan dimanapun jenis usaha ini dapat dijalankan. Selamat mencoba !

Tags: