Daftar Asuransi Mobil Syariah Terbaik, Banyak Untungnya!

Daftar Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Daftar Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Asuransi mobil syariah terbaik umumnya sama seperti asuransi lainya. Sementara itu, asuransi mobil terdiri dari dua jenis, yaitu konvensional dan juga syariah. Keduanya memberikan jaminan kerugian dan perlindungan pada mobil jika terjadi kerusakan. Perbedaan asuransi mobil syariah dan konvensional terletak pada risk sharing dan risk transfer.

Prinsip asuransi mobil syariah, yaitu tolong-menolong antar peserta asuransi. Artinya, penerima asuransi tersebut menanggung risiko risk sharing dengan menggunakan dana nasabah, atau tabarru(dana tolong – menolong). Contoh dana tabarru, yakni asuransi yang digunakan untuk mengganti, bila mobil terdapat kerusakan, atau mengalami musibah dan kecelakaan.

Peran dari asuransi saat ini yaitu digunakan sebagai pengelola dana tabarru, dengan upah jasa dan imbalan ujrah. Uang ganti asuransi juga diperoleh peserta yang berasal dari asmob syariah. Asuransi tersebut diberi nama akad atau perjanjian  tolong-menolong sesama peserta asuransi.

Pentingnya Asuransi Mobil Syariah

Pengelolaan yang aman dari tindak kejahatan, maupun kecelakaan akan lebih aman menggunakan asuransi mobil syariah terbaik. Asuransi syariah sendiri siap menanggung risiko yang dihadapi peserta asuransi, sesuai dengan polis yang dipilih. Anda perlu menentukan kebutuhan perlindungan, hingga pengelolaan dana tabarru, agar mendapat manfaat dari asuransi ini.

Meski asuransi syariah terlihat biasa saja, banyak sekali keunggulan yang beragam dari produk asuransi yang dapat Anda terima. Bagi Anda yang mencari asuransi mobil syariah, simak artikel rekomendasi di bawah ini. Berikut ini asuransi mobil syariah terbaik yang perlu Anda ketahui. Diantaranya:

1.   Asuransi Takaful Umum

Menjadi salah satu asuransi mobil syariah terbaik, asuransi ini menyediakan perlindungan khusus di berbagai jenis kendaraan. Mulai dari bus, pick up, sepeda motor dan penggunaan non komersial. Polis standar asuransi yang ditawarkan berupa komprehensif. Jenis asuransi all risk, yang lebih dikenal dengan partial loss coverange.

Selain jenis asuransi all risk, perusahaan asuransi yang satu ini  juga menyediakan jenis  asuransi loss only. Dimana jenis  asuransi yang  satu ini, mengklaim kerusakan, yang sama dengan biaya perbaikan, atau bahkan lebih tinggi 75%,  dari harga mobil.

Risiko yang ditanggung asuransi ini pun cukup luas. Mulai dari pencurian, tabrakan hingga kebakaran, menjadi tanggungan asuransi Takaful umum. Bukan hanya itu saja, asuransi mobil syariah ini juga kini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari Pulau Sulawesi, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan dan juga Pulau Bali.

2.   Asuransi Otomace ACA

Merupakan produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh Asuransi Central Asia yang biasa disingkat ACA dengan tanggungan diatas  Rp 100 juta, Otomace menjadi asuransi yang banyak diminati. Dimana asuransi yang satu ini memberi jaminan kerugian atas kerusakan mobil, kehilangan, hingga kerusakan, karena bencana alam, yang nantinya  akan terjamin dengan polis asuransi kendaraan, dengan prinsip syariah.

Manfaat asuransi ACA ini adalah Anda akan mendapat tanggung jawab dari pihak ketiga sebesar Rp 20 juta. Bukan itu saja, Anda juga akan mendapatkan santunan kematian untuk pengemudi dan penumpang, sebesar Rp 10 juta per orang, hingga perbaikan mobil derek dan ambulan. Dengan ini, Anda akan diwajibkan menghibahkan 55% kontribusi yang dibayar melalui dana tabarru, untuk menolong peserta lainnya.

3.   Asuransi CHUBB Syariah

Asuransi ini hadir untuk membantu kendaraan bermotor (termasuk roda empat) dari risiko kecelakaan, kerusakan dan kehilangan. Penawaran dari asuransi CHUBB ini dibagi menjadi dua pilihan, yaitu asuransi syariah kendaraan bermotor perorangan, dan asuransi syariah kendaraan bermotor korporasi.

Anda dapat memilih salah satu dari kedua jenis asuransi mobil syariah tersebut, sesuai dengan kebutuhan Anda. Bukan itu saja, manfaat yang diperoleh dari asuransi mobil syariah ini juga beragam.

Mulai dari kerusakan total, kerusakan sebagian, hingga kerugian lebih dari 75%. Anda tak perlu ragu memilih asuransi ini, karena klaim yang ditawarkan sangat mudah. Hanya dengan menghubungi kantor pusat selama 24 jam dan via email, maka Anda sudah bisa mengajukan klaim.

4.   Asuransi Autocillin Syariah

Merupakan asuransi mobil syariah terbaik yang memberikan penawaran asuransi syariah. Seperti asuransi haji syariah, rumah, hingga travel umroh. Dengan kredibilitas yang dimiliki hingga 10 tahun lamanya, serta telah menerima beberapa penghargaan nasional, membuat asuransi ini banyak dipilih.

Bukan itu saja, asuransi mobil ini juga memberi opsi mengenai jumlah premi yang akan dibayarkan. Meliputi perlindungan komprehensif, maupun perlindungan loss only. Jika hingga  akhir periode nanti,  Anda tidak mengajukan klaim, maka Anda akan mendapat manfaat bagi hasil.

Perlindungan ini mencakup ganti rugi pihak ketiga, kerusakan akibat banjir, gempa bumi dan kecelakaan diri. Layanan gratis derek dan sistem pembayaran premi penuh juga menjadikan asuransi ini berkomitmen untuk selalu melayani masyarakat. Bahkan kini, perusahaan asuransi ini telah memiliki sekitar 100 kantor cabang, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga : 10 Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Keluarga

5.   Asuransi BNI Syariah

Tak hanya yang disebutkan diatas saja, BNI Syariah juga menawarkan program asuransi dan memberikan fasilitas pembiayaan konsumtif, dengan akad murabahah. Salah satu asuransi mobil syariah terbaik ini menawarkan perjanjian jual beli dengan harga asal dan tambahan keuntungan . Hal inilah yang membuat BNI Syariah ini memiliki keunggulan lebih, jika dibandingkan dengan asuransi lainnya.

Proses yang cepat dan persyaratan yang mudah, dengan biaya sekitar Rp 5 juta, dan maksimal Rp 1 miliar, dalam jangka waktu lima tahun, menjadi alasan mengapa Anda perlu memilih asuransi ini. Beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mendaftar asuransi mobil yang satu ini, yaitu dengan memiliki penghasilan tetap dengan masa kerja lebih dari 2 tahun, serta mengisi formulir pengajuan dan melengkapi dokumen.

6.   Asuransi Garda OTO Syariah

Asuransi yang sebelumnya memiliki nama Astra Buana ini memegang prinsip agama islam yang dilandaskan dengan unsur tolong-menolong. Di sisi lain, asuransi ini juga memiliki skema no claim bonusbagi hasil, jika yang tertanggung ternyata tidak melakukan klaim pada periode sebelumnya. Bagi hasil tersebut didasarkan pada perhitungan untung perusahaan, yang dibagi pada pelanggan.

Layanan asuransi mobil syariah terbaik ini tetaplah menguntungkan. Meski memiliki perbedaan pada akad dan kaidahnya. Sejumlah keuntungan tersebut meliputi layanan bengkel, asuransi mobil hingga harga asuransi paket.

7.   Asuransi Sinarmas Syariah

Sinarmas Syariah, menjadi perusahaan asuransi yang memiliki produk unggulan, seperti asuransi pengangkutan, asuransi kecelakaan diri, asuransi mobil, hingga asuransi kebakaran. Produk unggulan asuransi Sinarmas ini meliputi asuransi mobil. Bahkan, perusahaan asuransi ini akan menanggung mobil hingga 12 tahun lamanya.

Berbeda dengan asuransi kebanyakan, yang hanya menanggung asuransi mobil hingga 10 tahun saja. Sistem akad murabahahyang digunakan oleh asuransi Sinarmas ini, menjadi perjanjian jual beli yang menambah keuntungan, dan disepakati nasabah serta pihak asuransi.

Manfaat lainnya yaitu Sinarmas memiliki bengkel sendiri, yang telah tersebar di seluruh Indonesia, layanan  call center selama 24 jam, serta adanya layanan derek. Bahkan, Sinarmas juga akan memberikan biaya tanggungan atas kecelakaan, maupun pencurian mobil.

Bahkan Anda pun bisa Anda memilih jenis asuransi mobil yang Anda butuhkan. Diantaranya yaitu asuransi mobil dengan jenis TLO (total loss only) dan juga jenis all risk. Jika dibandingkan dengan asuransi konvensional, asuransi syariah bisa dikatakan lebih unggul dan memberi banyak keuntungan. Seperti pengelolaan risiko, dana transparan, pembagian untung, hingga kepemilikan dana. Begitu juga dengan asuransi syariah dari Sinarmas ini.

Karena banyak diunggulkan, asuransi mobil syariah terbaik banyak diminati setiap orang. Penawarannya yang mudah dan cepat, serta  risiko yang ditanggung asuransi menjadikan kemudahan bagi pelanggan. Kelebihan yang disediakan juga tidak tanggung-tanggung. Mulai dari biaya kecelakaan, pengelolaan risiko, hingga pembagian untung dalam asuransi.

Apakah Anda tertarik untuk memilih mendaftar asuransi mobil syariah ini? Meski asuransi di atas memiliki keunggulan yang berbeda-beda, namun  Anda tetap harus memilih asuransi, yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan memilih asuransi yang tepat, maka Anda tidak perlu repot-repot dalam mencari bantuan, jika mobil Anda mengalami  kecelakaan, rusak maupun hilang karena dicuri.