5 Cara Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan

Cara Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan
Cara Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan

Hampir semua orang mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya. Sayangnya, hal ini tidak dapat menjamin masa depan Anda juga. Agar mendapatkan jaminan yang lebih baik di masa depan. Maka, cara investasi emas yang aman dan menguntungkan adalah hal dasar yang paling penting.

Melakukan investasi memang menjadi hal yang cukup sulit. Anda tidak dapat langsung mengeluarkan uang begitu saja dalam melakukan investasi. Lalu, apa saja yang perlu dilakukan sebelum investasi emas?  Untuk mengetahui  hal itu, Anda dapat mengikuti artikel ini hingga akhir.

5 Cara Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan

Untuk mendapatkan sejumlah keuntungan, Anda jelas harus bergerak dengan cepat. Karena memang tidak semua tabungan bisa menghasilkan keuntungan yang cepat. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa langkah mudah yang tepat untuk diikuti. Diantaranya:

1.Memastikan Tujuan Investasi

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan dalam  investasi ini. Salah satunya yaitu Anda perlu dilakukan memastikan tujuan dari aktivitas menabung yang Anda lakukan tersebut. Tidak mudah memang untuk mendapatkan keuntungan, tanpa memahami tujuan dasar dari investasi itu sendiri. Tujuan tersebut sebenarnya merupakan target yang diinginkan dari investasi.

Ada beberapa tujuan yang ditetapkan oleh beberapa orang hingga akhirnya mereka memilih untuk investasi emas ini. Diantaranya untuk tabungan yang digunakan untuk biaya pernikahan, atau juga pendidikan. Bahkan, banyak investasi emas yang dilakukan untuk kenyamanan pada masa tua nantinya.

Misalnya, Anda sekarang masih bekerja dan merasa keuangan Anda sudah cukup untuk membiayai semua kebutuhan Anda. Maka Anda dapat menetapkan target untuk 10 tahun ke depan. Khususnya pada saat dimana Anda sudah tidak dapat bekerja. Sehingga ada tabungan untuk melangsungkan kehidupan sangatlah diperlukan.Jadi, tujuan investasi Anda adalah tabungan untuk masa tua.

Untuk orang yang melakukan investasi emas, ada perhitungan yang perlu dilakukan dengan baik. Misalnya, beberapa tahun ke depan, Anda ingin mempunyai usaha sendiri. Maka, Anda dapat melakukan investasi, dan mulai memisahkan gaji ke dalam investasi. Dengan menetapkan tujuan ini, akan membuat Anda tahu berapa biaya yang harus Anda sisihkan untuk investasi.

2. Pantau Perkembangan Harga

Selain memastikan tujuan investasi, ada  cara investasi emas yang aman dan menguntungkan lainnya yang bisa Anda lakukan. Diantaranya dengan memantau perubahan harga pada emas. Banyak yang memilih investasi emas, karena memang harga emas cenderung mengalami kenaikan, daripada penurunan. Meskipun demikian, Anda tetap harus memantau secara berkala untuk menghindari kerugian nantinya.

Untuk memantau harga emas sekarang ini tidak menjadi hal yang sulit. Anda dapat menggunakan berbagai macam aplikasi. Bahkan, banyak situs internet yang dapat digunakan untuk pengecekan ini. Perkembangan harga ini dapat Anda pantau setiap hari, hanya dengan menggunakan ponsel atau perangkat lainnya.

Tentunya, memantau harga emas ini mempunyai tujuan sendiri. Hal ini diperlukan agar Anda tidak mengalami kerugian, akibat dari  telat melakukan pemantauan. Misalnya, Anda mempunyai banyak emas dan harga emas sedang melonjak tinggi. Maka, Anda dapat menjual emas tersebut. Namun, akan jauh lebih baik jika Anda melakukan investasi dalam jangka waktu panjang.

Baca Juga : Bagaimana Cara Investasi Emas Mini Gold? Ini Caranya!

3. Membeli di Tempat Terpercaya

Langkah lain yang harus Anda lakukan adalah pembelian emas di tempat yang terpercaya. Sebenarnya, ada banyak tempat yang menjual emas batangan untuk investasi. Dari semua tempat yang ada, jauh lebih baik jika Anda mencari tempat pembelian emas yang paling baik.

Bukan itu saja, melakukan pembelian emas secara  onlinejuga memang tidak masalah, selama hal ini memberikan keamanan dan kenyamanan bagi Anda. Hanya saja, pastikan dulu bahwa tempat tersebut menyediakan sertifikat emas yang resmi. Dalam arti, tempat tersebut telah berlisensi, sebagai tempat penjualan emas resmi.

Jadi, setiap Anda akan membeli emas, selalu pastikan bahwa Anda mendapatkan sertifikat emas resmi. Karena pada umumnya, logam mulia memiliki surat/sertifikat resmi, yang menjadi bukti kepemilikannya. Maka dari itu, jangan menerima emas tanpa adanya surat atau bukti sertifikat sendiri.

Untuk mencari tempat pembelian emas yang aman, Anda disarankan untuk membelinya di PT Antam.  Karena membeli dari tempat resmi pastinya memberikan keuntungan. Anda juga dapat cek situs resmi dari PT Antam ini. Selain PT Antam, Anda juga membeli emas melalui Pegadaian. Jika Anda masih merasa bingung, Anda dapat baca tabungan emas antam vs pegadaian.

4. Tempat Penyimpanan yang Aman

Cara investasi emas yang aman dan menguntungkan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari tempat penyimpanan yang tepat. Untuk menyimpan emas, Anda jangan asal meletakkannya begitu saja. Karena sumber keuangan Anda ada pada emas tersebut. Maka dari itu, Anda harus menyimpan emas dengan baik. Beberapa orang memilih untuk meletakkan emas ke dalam brankas yang ada di rumah.

Anda tidak hanya dapat menggunakan brankas saja dalam menyimpan emas. Anda juga bisa menggunakan safety box. Namun bagi Anda yang merasa bahwa penyimpanan di rumah ini tidak begitu aman, maka Anda bisa memilih cara lainnya. Diantaranya dengan menyimpan emas di dalam safe deposit box,yang ada pada beberapa bank. Pilihan seperti ini juga memberikan kemudahan bagi Anda, karena tingkat keamanannya yang tinggi.

Memilih safe deposit boxyang ditawarkan oleh bank jelas merupakan pilihan yang tepat. Namun, tentunya memerlukan tambahan biaya, tergantung dari bank yang menyediakan layanan ini. Anda tidak hanya dapat menyimpan emas di dalam SDB sendiri. Karena dengan membayar biaya tambahan tersebut, ada banyak data dan aset lainnya yang dapat Anda simpan selain emas. Misalnya, sertifikat tanah ataupun sertifikat rumah.

5. Fokus Pada Masa Depan

Langkah penting lainnya yang bisa Anda lakukan adalah fokus ke masa depan. Anda perlu memahami konsep investasi, dimana investasi ini merupakan tabungan untuk masa depan. Karena itu, investasi akan berjalan dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya ,memang disiapkan untuk 10 hingga 15 tahun ke depan.

Karena itu, Anda harus sabar dalam menunggu hasil keuntungan yang tepat. Jangan langsung melakukan jual beli emas, jika harga emas sedang naik, dan lain sebagainya. Langkah ini dapat dianggap sebagai hal yang gegabah, yang bisa menyebabkan kerugian. Biasakan untuk lebih bersabar, dan jangan menggunakan emas, untuk hal-hal yang tidak perlu.

Jika Anda sudah menjual emas yang akan digunakan untuk investasi. Biasanya, proses investasi juga akan gagal, karena jarang ada yang melakukan pembelian kembali. Investasi memang bukan cara mendapatkan keuntungan yang instan. Namun, investasi dilakukan oleh banyak orang untuk jaminan di masa depan. Karena itu, Anda harus fokus dengan tujuan yang ingin dicapai.

Bagaimana?  Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi emas, maka Anda harus ingat, bahwa untuk melakukan investasi ini, Anda harus melakukan cara investasi emas yang aman dan menguntungkan. Pendaftaran secara asal, serta adanya ketidaksiapan dalam melakukan investasi justru akan mengacaukan keuangan Anda nantinya. Maka dari itu, siapkan dulu diri Anda, barulah Anda bisa memutuskan untuk berinvestasi emas.