Bagaimana Cara Investasi Emas Mini Gold? Ini Caranya!

Cara Investasi Emas Mini Gold
Cara Investasi Emas Mini Gold

Memahami cara investasi emas Mini Gold sangatlah penting, sebelum Anda benar-benar mencobanya. Alasannya, pertama, agar Anda tak salah langkah dalam memilih investasi emas. Kedua, Anda dapat menghitung jumlah investasi, yang sesuai dengan kondisi keuangan. Ketiga, ketika Anda akan melakukan investasi emas, maka Anda bisa  terhindar dari barang palsu. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca artikel berikut ini.

Tips danCara Investasi Emas Mini Gold

Anda masih merasa penasaran mengenai bagaimana  cara investasi emas mini gold? Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini. Diantaranya:

1.Tentukan Alasan Berinvestasi

Mengapa memilih berinvestasi emas? Pernahkah Anda memikirkan pertanyaan demikian? Jika pernah, Anda dapat mencari informasi mengapa banyak orang memilih berinvestasi emas. Berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber, ada beberapa alasan mengapa orang-orang memilih untuk berinvestasi emas. Diantaranya:

  1. Memiliki nilai yang stabil. Hal ini membuat emas dapat bertahan ketika terjadi inflasi.
  2. Nilai emas tetap stabil, meskipun dalam kondisi geopolitik yang tidak pasti.
  3. Memiliki tingkat permintaan yang tinggi. Dibandingkan dengan beberapa aset lainnya, emas sangat dihargai. Selain itu juga, aset emas mudah untuk dicairkan.
  4. Dapat memberikan ruang privasi. Jika berinvestasi emas, dan Anda memilih menyimpannya secara pribadi, kerahasiaan aset dapat tetap terjaga, dari pihak luar atau pihak ketiga.
  5. Dapat diwariskan.
  6. Mudah didapatkan. Tak hanya mudah didapatkan di gerai resmi, emas juga memiliki harga yang terjangkau.

2.Berkenalan dan Memahami Apa Itu Emas Mini Gold

Sebelum memahami langkah-langkah berinvestasi emas Mini Gold, maka Anda perlu berkenalan dulu dengan aset emas dengan jenis ini. Mini Gold merupakan produk logam mulia dengan ukuran 24 karat yang bersertifikat resmi. Selain itu juga, Mini Gold telah terbukti  lulus uji puritas Sucofindo, dan G-Lab Pegadaian.

Mini Gold diproduksi oleh PT. Sinergi Digital Global Mulia, yang berpusat di Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta. Dilansir dari website resminya , perusahaan Mini Gold memiliki 44 dealer resmi, 7.400 distributor daerah, 70.000 reseller, dan 100.000 mitra UMKM, yang tersebar di seluruh Indonesia.

  1. Sinergi Digital Global Mulia, tak hanya menjual Mini Gold, tetapi juga menyediakan produk logam mulia Antam, dan beraneka produk mata uang dinar. Mini Gold sendiri memiliki varian ukuran produk yang beragam. Mulai dari 0,025 gram, 0,05 gram, 0,1 gram, 0,25 gram, dan 0.5 gram.

Tak hanya ukurannya saja  yang bervariasi, tetapi jenis produk Mini Gold juga beragam. Diantaranya Black Series, White Series, Eksklusif, Mini Gold, dan Gift Series. Dikutip dari website resmi Mini Gold, varian produk Black Series ukuran 0,025 gram dibanderol mulai harga Rp39.200; sedangkan ukuran 0,5 gram seharga Rp554.000;.

Varian produk White Series ukuran 0,025 gram seharga Rp39.200; untuk ukuran 0,5 gram yaitu Rp554.000,-, varian produk eksklusif 0,025 gram, dengan  harga sekitar  Rp 68.125,-. Sementara untuk  ukuran 0,5 gram seharga Rp 569.000,-.

Sedangkan untuk produk Gift Series seberat  0,1 gram, yaitu seharga Rp133.100,-. Terakhir, yaitu ukuran 0,5 gram, dibanderol dengan harga Rp 564.000,-. Dengan harga tersebut, produk emas Mini Gold juga memiliki desain kemasan yang menarik, dari berbagai varian yang ada. Selain untuk berinvestasi, Mini Gold dapat dijadikan sebagai hadiah, bingkisan mewah, dan cinderamata.

Kelebihan Produk Emas Mini Gold

Selain unik dengan harga terjangkau, inilah beberapa kelebihan emas Mini Gold, yang dapat Anda pertimbangkan sebagai produk investasi. Diantaranya:

  1. Harganya terjangkau. Dari penjelasan di atas, Anda dapat memilih ukuran emas Mini Gold sesuai kebutuhan, dengan harga yang terjangkau.
  2. Bersertifikat resmi. Produk Mini Gold memiliki kualitas yang baik, sehingga dapat lulus uji Sucofindo dan G-Lab Pegadaian.
  3. Jaringan bisnis Mini Gold tersebar di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu bingung mencari distributor resminya. Anda bisa mencari agen terdekat di daerah tempat tinggal.
  4. Memiliki kerja sama dengan merek atau perusahaan ternama.
  5. Anda bisa membeli emas Mini Gold secara
  6. Anda dapat menukar emas sesuai jumlah gramasi, tanpa perlu menambah biaya lagi.
  7. Banyak UMKM yang berkolaborasi dengan Mini Gold untuk menyebarkan semangat menabung emas.
  8. Produk emas Mini Gold memiliki varian unik.

Baca Juga : Tabungan Emas Antam VS Pegadaian, Mana yang Lebih Baik?

Cara Investasi Emas Mini Gold

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk berinvestasi emas Mini Gold.

1.Periksa Dana yang Anda Miliki

Mengapa Anda perlu mengecek kembali dana yang dimiliki? Agar ketika berinvestasi, Anda tidak menggunakan uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Atau bahkan tidak menggunakan dana darurat dalam berinvestasi. Jadi, pastikan terlebih dahulu, jika dana yang Anda gunakan untuk investasi tersebut, benar-benar bukan digunakan untuk pengeluaran rutin, maupun dana darurat.

2. Tentukan Niat untuk Berinvestasi Terlebih Dahulu

Anda dapat memilih tujuan berinvestasi terlebih dahulu. Apakah investasi akan digunakan sebagai dana pendidikan, menyimpan uang dalam jangka waktu yang lama, sebagai cadangan dana pensiun ataupun untuk  tujuan lainnya.

3. Perhatikan Harga Emas Secara Berkala

Anda perlu terus memantau harga emas di pasaran, maupun di platform resmi Mini Gold. Karena ketika Anda akan membeli emas, Anda dapat melakukannya, saat harga emas sedang turun. Sehingga Anda bisa menjualnya saat harga emas mulai naik.

4. Pilih Tempat Pembelian Emas Mini Gold yang Tepat

Sebelum membeli emas Mini Gold, Anda tidak perlu terburu-buru langsung membelinya pada gerai online maupun offline. Pastikan tempat membeli emas Mini Gold merupakan jaringan resmi. Jangan lupa mengecek rekam jejak tempat Anda membeli emas Mini Gold.

Memang sangat banyak orang yang menawarkan emas Mini Gold dengan harga yang miring. Namun, Anda perlu berhati-hati juga untuk memastikan jika emas Mini Gold yang dijual memang asli, dan bukan emas berkualitas rendah, atau bahkan imitasi.

5. Pilih Jumlah Ukuran Emas Mini Gold yang Akan Diinvestasikan

Setelah melakukan keempat langkah di atas, berikutnya Anda bisa memilih jumlah ukuran emas Mini Gold yang akan digunakan untuk berinvestasi. Apakah Anda memilih ukuran 0,05 gram, 0,1 gram, atau 0,5 gram. Dengan memilih ukuran emas Mini Gold ini, setidaknya Anda tidak akan bingung lagi saat melakukan pembelian.

6. Memilih Tempat Penyimpanan yang Tepat

Memilih tempat penyimpanan emas Mini Gold sangatlah penting. Anda bisa menyimpannya dalam brankas pribadi, atau menitipkannya pada lembaga lain, seperti Pegadaian misalnya. Dikutip dari website resmi Pegadaian, syarat untuk membuka rekening tabungan emas sangatlah mudah. Diantaranya menyiapkan dokumen identitas yang berlaku, mengisi formulir yang disediakan, dan membayar biaya transaksi tabungan emas.

7. Menentukan Waktu Mencairkan Emas yang Dimiliki

Terakhir, tentukan waktu kapan akan mencairkan emas Mini Gold yang Anda miliki, sesuai dengan  tujuan awal Anda saat akan melakukan investasi.  Agar terhindar dari investasi emas bodong, maka Anda bisa baca Cara Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan

Demikianlah cara investasi emas Mini Gold yang dapat Anda lakukan. Pastikan jangan sampai terjerat investasi bodong. Ada baiknya untuk selalu menyesuaikan investasi emas yang dipilih dengan kondisi keuangan Anda, agar tidak mengganggu pengeluaran rutin. Selamat berinvestasi!