Tabungan Emas Antam VS Pegadaian, Mana yang Lebih Baik?

Tabungan Emas Antam VS Pegadaian
Tabungan Emas Antam VS Pegadaian

Emas atau yang dikenal juga dengan logam mulia, merupakan salah satu instrumen investasi yang tidak pernah surut peminatnya. Hal ini dikarenakan, nilai emas yang tidak pernah mengalami penurunan secara signifikan. Kini, Anda bisa berinvestasi emas dengan menggunakan emas Antam dan juga tabungan emas Pegadaian. Menurut Anda, antara tabungan emas Antam vs Pegadaian ini, mana yang lebih baik?

Karena sebagaimana diketahui, keduanya menawarkan layanan tabungan emas yang bisa dijadikan aset investasi untuk masa depan. Bagi Anda yang tengah kebingungan dalam memilih tabungan emas dari 2 perusahaan negara ini, maka Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Mengenal Tabungan Emas Antam Vs Pegadaian

Jika sebelumnya Anda mungkin hanya mengenal emas Antam saja. Namun kini, Pegadaian yang merupakan salah satu anak perusahaan Bank Rakyat Indonesia ini juga menyediakan layanan yang serupa. Meskipun memang, layanan utama dari Pegadaian ini tetap menjadi penyedia layanan gadai untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Pegadaian sendiri menyediakan tabungan emas ini dikarenakan perusahaan milik negara ini bukan hanya ingin melayani masyarakat Indonesia di bidang layanan gadai saja. Namun lebih dari itu, Pegadaian juga berupaya untuk selalu memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia dalam bentuk lainnya.

Bahkan, sebelum adanya tabungan emas ini, Pegadaian juga telah mengadakan promo tabungan umroh. Dimana siapapun Anda, selama Anda menjadi nasabah Pegadaian, maka Anda berhak untuk menabung sejumlah dana. Dimana nantinya setelah dana tersebut terkumpul, bisa digunakan untuk biaya umroh.

Sementara untuk layanan tabungan emas ini, sebenarnya tak jauh berbeda dengan tabungan umroh tersebut. Dimana jika Anda belum memiliki dana yang cukup untuk membeli emas, maka Anda akan diberikan kesempatan untuk mencicilnya.

Lalu apa yang membedakannya dengan tabungan emas Antam? Sebenarnya, jika dilihat dari bentuk fisiknya, emas Antam dan juga emas Pegadaian tak jauh berbeda. Hanya saja, karena tempat dan proses pembeliannya yang berbeda. Membuat keduanya sering dibanding-bandingkan. Untuk mengetahui perbedaan antara tabungan emas Antam dan juga emas Pegadaian dengan lebih spesifik, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Tabungan Emas Antam Vs Pegadaian, Mana yang Lebih Baik?

Meskipun sama-sama memiliki bentuk fisik berupa emas batangan/lempengan, dengan berat yang berbeda-beda. Keduanya kerap diyakini sebagai aset investasi yang bisa dijadikan pilihan. Karena tidak mengalami penurunan yang signifikan.

Namun tetap saja, tabungan emas Antam dan juga Pegadaian ini sering dibanding-bandingkan antara satu dan yang lainnya. Bahkan tak jarang, banyak orang yang mulai mencari tahu, mengenai layanan mana yang bisa dijadikan tabungan emas terbaik. Apakah tabungan emas dari Antam? Ataukah yang disediakan oleh Pegadaian?

Sebelum Anda memberikan spekulasi sendiri, ada baiknya Anda mencari tahu dahulu mengenai perbedaan antara keduanya, seperti yang akan dijelaskan berikut ini. Diantaranya:

1.Harga

Seperti namanya, tabungan emas Antam diproduksi oleh PT Antam Tbk. Begitupun juga dengan tabungan emas yang ada pada Pegadaian. Dimana perusahaan tersebut mengambil aset emas Antam, yang kemudian dijadikan aset layanan yang dikenal dengan tabungan emas Pegadaian.

Dari penjelasan diatas sudah bisa dipastikan, bahwa harga emas pada tabungan emas Antam jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan tabungan emas pada Pegadaian. Dimana tabungan Pegadaian, akan menerapkan harga yang sedikit lebih mahal.

Hal ini dikarenakan, produk emas yang dijadikan sebagai tabungan emas ini, diambil dari PT Antam Tbk. Sehingga keuntungan akan diambil dari selisih harga jual, dengan harga yang diberikan oleh PT Antam Tbk. Meskipun perbedaan harga ini tidak terlalu besar.

Baca Juga : 5 Cara Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan

2. Tempat Pembelian

PT Antam Tbk adalah salah satu perusahaan milik negara yang bertanggung jawab dalam memproduksi emas batangan/lempengan. Dengan demikian, banyak masyarakat Indonesia yang ingin membeli emas batangan ini dengan mengunjungi langsung gerai emas Antam yang tersebar di seluruh Indonesia.

Maka tak heran, jika banyak orang yang rela mengantri di gerai Antam untuk mendapatkan emas batangan ini. Bahkan, tak jarang, setelah lelah mengantri tersebut, para pelanggan akan merasa kecewa, karena stok emas Antam tersebut habis.

Namun sebenarnya, selain di gerai Antam itu sendiri, Anda masih bisa mendapatkan emas Antam di tempat-tempat lainnya. Seperti Pegadaian, yang selanjutnya dikenal dengan tabungan emas Pegadaian.

Namun mungkin karena belum familiar, maka tidak banyak orang yang datang langsung ke Pegadaian, hanya untuk membeli emas batangan/lempengan ini. Meskipun demikian, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi nasabah Pegadaian yang lain. Dimana Anda tidak perlu repot-repot untuk mengantri ,bilamana akan membeli emas di Pegadaian ini.

3. Cara Pembelian

Tabungan emas Antam vs Pegadaian bisa dibedakan dengan cara pembelian yang digunakan. Dimana saat Anda membeli emas Antam, maka tentunya Anda harus membayar sejumlah uang, yang sesuai dengan harga emas tersebut. Dalam arti, Anda harus membeli emas tersebut secara tunai.

Berbeda halnya dengan emas Pegadaian, dimana Anda masih bisa membeli emas secara kredit ataupun dicicil dengan sistem tabungan. Artinya, Anda bisa menabung sejumlah uang, yang mana jika uang tersebut sudah terkumpul, maka tabungan tersebut bisa ditukar dengan emas.

4. Layanan Syariah

Bagi Anda yang menginginkan pembelian emas secara syariah, tentunya Anda akan bertanya apakah pada tabungan emas ataupun Pegadaian tersebut menyediakan layanan ini? Hal inilah sebenarnya yang juga membedakan antara tabungan emas Antam dan juga tabungan emas Pegadaian.

Dimana pada tabungan emas Antam, hanya tersedia layanan tabungan emas secara konvensional saja. Sedangkan pada tabungan emas yang tersedia di Pegadaian, Anda bisa memilih, apakah akan menabung emas secara konvensional, maupun dengan menggunakan layanan syariah.

5. Sertifikat Emas

Sebenarnya, baik itu untuk tabungan emas Antam, maupun tabungan emas dari Pegadaian. Keduanya memiliki sertifikat emas yang sama. Hal ini dikarenakan, keduanya memang diproduksi oleh perusahaan yang sama, yaitu PT Antam Tbk.

Hanya saja, khusus untuk tabungan emas Pegadaian, sertifikat emas Antam tersebut akan disertai pula dengan bukti kepemilikan dari tabungan emas Pegadaian tersebut. Bentuknya hampir sama dengan sertifikat emas Antam, namun dengan logo Pegadaian.

Itu dia beberapa perbedaan dari tabungan emas Antam dan juga tabungan emas dari Pegadaian ini. Dari penjelasan diatas, mana menurut Anda yang paling baik? Tabungan emas Antam vs Pegadaian? Namun sebenarnya, keduanya sama baiknya, yaitu memberikan kemudahan dalam melakukan investasi emas. Hanya saja, keduanya menyediakan sistem dan cara pembelian yang berbeda. Dimana salah satunya bisa Anda pilih, sesuai dengan keinginan, dan budget keuangan Anda sendiri.